Rabu, 30 Maret 2011

Sistem Pendidikan Yg Harus Di Terapkan di INDONESIA

Indonesia merupakan negara yang berlandaskan pancasila ...

Di Indonesia sekolah dasar (SD) sampai dengan 6 tahun, sekolah menengah pertama (SMP) 3 tahun, perguruan tinggi (kuliah) 4 tahun (s1) ..
Rasanya bosan sekali dengan sistem pendidikan yang lama hampir 16 tahun.

Sekedar saran buat para Bapak Menteri Pendidikan Nasional ..
baik Depdiknas maupun Depag ..

hee .. ceramah ..

1) Kalau Wajib Belajar 9 Tahun Kenapa SD mesti ikutan UAN?

ini satu contoh kebodohan sistem pendidikan di indonesia dan bikin ribet peserta didik (SISWA/i) sekaligus orang tua. Lebih baik mendingan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) digabung menjadi satu dengan nama SEKOLAH DASAR & MENENGAH PERTAMA (SDMP) jadi kelasnya dari kelas 1 - 9 bapak.

sistem yang sekarang kan ribet tuh, masa mesti UAN lagi (biaya anggaran naik, negara kebobolan) udah tahu negara lagi berduka dan hee .. maaf pak beye , lagi miskin. masa harus menghabiskan anggaran terus, hasilnya mana ? dan yang lebih biaya lagi , harus cari sekolah, daftar ulang, bayar gedung, sekolahnya pun mungkin tambah jauh lagi.

2) GURU bukan PENGAJAR tapi PEMBIMBING

Kan semua orang di dunia ini hidup harus terus belajar .. karena dunia ilmu pengetahun juga terus berkembang. Jadi seharusnya guru itu bukan disebut PENGAJAR karena toh dia juga harus terus belajar biar ilmunya UPTODATE. Guru itu PEMBIMBING yg bersama-sama dengan muridnya mempelajari tentang sesuatu. Nah jadi metode belajarnya juga harus di rubah dari BELAJAR dan MENGAJAR jadi BELAJAR dan MEMBIMBING.

Bedanya di mana?

Kalau MENGAJAR itu ya seperti yg selama ini :

Guru : "Indonesia di jajah selama 3.5 Abad dan merdeka 17 agustus 1945"
Murid : "Oooooooooooo gitu!!" (sambil nyatet trus ngapalin buat ujian"
Guru : "Oke sekian hari ini, siapkan hapalan kalian untuk quis minggu depan"

nah ini yg menyebabkan murid gak kreatif dan jadi kaya robot cuma di cekokin doang. Murid jadi belajar bukan untuk pintar tapi biar LULUS UJIAN... hehehe motivasi yg salah kaprah menurut saya.

sedangkan MEMBIMBING itu seperti ini :

Guru : "Mengapa indonesia bisa dijajah 3.5 abad dan baru merdeka 17 agustus 1945 ya? ada yg punya pendapat?"

Murid : "Karena indonesia banyak penghinatnya buuuu... contohnya si pitung di hinati ma adik seperguruannya makanya di tangkep kompeni" (sambil nyatet tanggal kemerdekaan dan di inget2)

Guru : "Hmmm bisa jadi, itulah mengapa kita harus menjaga PERSATUAN ya. Ada pendapat lain?"

nah... cair dah suasana.. jadi semua sama2 belajar gan
murid jadi lebih kreatif dan mengasah logika berpikir. Berani mengajukan pendapat dan menggapai mimpi di masa depan.

itu adalah contoh kecil dari saya , hanya sebagai penjaga warnet dan sedang beres kuliah (moga cepet lulus) ..

saya share disini juga karna buat motivasi saya sebagai calon guru ..
Terima kasih atas kunjungannya ..

Maju terus pendidikan Indonesia ..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar